TUGAS 3 MLSI I.T.I.L PADA SOCIOLLA

I.T.I.L (INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY) PADA SOCIOLLA


Apa itu ITSM?

ITSM atau IT Service Management adalah suatu kegiatan dimana Tim IT atau orang – orang yang memiliki tanggung jawab dalam mendesain atau menciptakan produk IT, memberikan suatu IT kepada para pelanggan.

Apa itu framework ?

Framework merupakan suatu kerangka kerja atau bisa juga disebut sebagai tool yang digunakan untuk membuat suatu website. Jadi, dengan adanya framework ini, si perancang website dapat mengembangan sebuah website dengan lebih mudah dan lebih terstruktur rapih.

Framework sebagai Penerapan ITSM

Terdapat kerangka kerja (framework) yang dianggap dapat memberikan contoh penerapan ITSM, yaitu :

1)   Information Technology Infrastructure Library (ITIL)

2)   Control Objectives for Information and Related Technologies (COBIT)

3)   Software Maintenance Maturity Model

4)   PRM-IT IBM's Process Reference Model for IT

5)   Application Services Library (ASL)

6)   Business Information Services Library (BISL)

7)   Microsoft Operations Framework (MOF)

8)   eSourcing Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) dan eSourcing Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management.

I.T.I.L (Information Technology Infrastructure Library)

ITIL atau Information Technology Infrastructure Library ini merupakan salah satu metode pendekatan pada ITSM. Jika pada ITSM berfokus pada tujuan pemberian layanan IT, maka pada ITIL ini lebih berfokus pada suatu cara dalam mewujudkan pemeberian layanan IT tersebut. Sehingga dapat dikatakan bahwa IT Infrastructure Library ini mengacu pada pembuatan dokumen – dokumen guna menyediakan sebuah framework yang nantinya dapat digunakan untuk membuat solusi Manajemen Layanan IT.

Analisis I.T.I.L pada Website Sociolla

Sociolla (sociolla.com) adalah suatu toko online di Indonesia yang bergerak di bidang kecantikan. Sociolla ini sangat dipercaya oleh para pelanggannya dalam menjual produk kecantikan yang terjamin baik dari kualitasnya maupun keasliannya. Perusahaan e-commerce ini dibangun sejak tahun 2015, dengan tujuan utama yaitu memberikan kenyaman kepada para konsumennya dalam belanja produk kecantikan secara online.

Dalam pembahasan analisis pada website Sociolla ini saya akan menjelaskan tentang 5 (lima) domain yang digunakan Sociolla dalam memastikan terjadinya pemberian layanan kepada para pelanggannya dengan handal, yaitu :

1. Service Strategy

Dalam persaingan bisnis, setiap perusahaan pasti harus memiliki strateginya masing – masing. Hal ini bertujuan agar si perusahaan dapat bertahan atau bahkan menjadi lebih unggul dari perusahaan – perusahaan lainnya dalam berbisnis. Pada service strategy ini, Sociolla memikirkan dan melakukan suatu strategi yang mana strategi tersebut ditujukan untuk membantu layanan mereka menjadi sebuah asset dari perusahaan mereka sendiri. Secara prinsip, strategi ini berisikan bagaimana cara si perusahaan memberikan layanan yang baik sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada para penggunanya serta dapat pula menarik pelanggan – pelanggan baru.

2. Service Design

Service design ini dilakukan dengan tujuan untuk membantu dalam perancangan layanan pada Sociolla sehingga layanan mereka ini (seperti website ataupun aplikasinya) dapat menjadi lebih efektif dan efisien sehingga nantinya tidak memerlukan banyak perbaikan ketika siklus berlangsung. Selain itu, Sociolla juga memberikan kenyamanan kepada para penggunanya dengan design website ataupun aplikasinya yang mudah untuk diakses. Tampilan pada website atau aplikasi Sociolla ini memberikan kesan simple, elegan, dan girly yang mana sangat cocok dengan konsep perusahaan mereka yang bergerak di bidang kecantikan. Hal ini mengakibatkan selain mudah dalam penggunaan layanannya, Sosiolla ini juga menarik untuk digunakan terutama oleh para wanita.

3. Service Transition

Service transition ini bertujuan untuk memastikan jika apa yang sudah dirancang oleh para perancang IT Sociolla ini dapat direalisasikan dengan baik menuju lingkungan pelayanan yang diinginkan. Dalam domain ini, Sociolla menciptakan sebuah project yaitu berupa voucher belanja, gratis ongkir, serta fitur cashback. Voucher belanja ini merupakan fitur dimana si pelanggan dapat melakukan sebuah pembelian produk kecantikan di Sociolla dengan mendapatkan potongan harga dari voucher belanja tersebut. Fitur gratis ongkir juga memiliki fungsi yang mirip seperti voucher belanja, bedanya hanya kalau gratis ongkir digunakan untuk mendapatkan harga 0 rupiah atau gratis dalam biaya pengiriman paket yang dipesan pada Sociolla. Dan yang terakhir terdapat fitur cashback. Cashback pada Sociolla ini tidak jauh berbeda dengan voucher belanja maupun gratis ongkir. Cashback ini merupakan fitur dimana si pelanggan dapat mendapatkan cashback atau seperti uang kembalian ketika melakukan pembelian produk di Sociolla pula. Dengan adanya fitur – fitur berikut, para pelanggan diharapkan dapat lebih tertarik dalam menggunakan pelayanan Sociolla.

4. Service Operation

Tujuan dari service operation ini yaitu untuk membantu si penyedia layanan yaitu Sociolla dalam menyampaikan atau memberikan layanan IT yang baik dan efisien sehingga akan memberikan efek kepuasan serta kepercayaan yang baik kepada para pelanggannya. Dalam website maupun aplikasi Sociolla, terdapat suatu fitur yaitu live chat, dimana para pelanggan dapat menanyakan berbagai pertanyaan mengenai produk – produk yang dijual oleh Sociolla melalui website/aplikasinya. Sayangnya fitur live chat Sociolla ini masih beroperasi kurang lebih 11 jam saja, yaitu pada jam kerja (jam 8 pagi sampai jam 7 malam).

5. Continual Service Improvement

Dan yang terakhir terdapat Continual service improving yang memiliki tujuan agar Sociolla dapat mengidentifikasi dan menentukan serta mengimplementasi berbagai hal yang dapat meningkatkan efisiensi dari kualitas layanan yang mereka berikan. Hal ini berarti bahwa Sociolla akan selalu berubah sesuai dengan perkembangan zaman sehingga pelayanan yang mereka berikan ini akan selalu terupdate atau tidak ketinggalan zaman. Selain menguntungkan para pelanggan (karena makin mudah diakses), Sociolla juga dapat menjaga para konsumennya pula sehingga perusahaan mereka tidak kehilangan atau berkurang pelanggannya.


Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas ketiga dari matakuliah Manajemen Layanan Sistem Informasi dengan Dosen Pengampu Ibu Dina Agusten, St., MMSI.
Artikel ini dibuat pada tanggal 20/05/2022 jam 20.05, Jakarta Selatan.

Referensi :

Wikipedia. "ITSM"https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM, diakses pada 19 Mei 2022.

Hidayati, Khairina F. 2021. "Memahami IT Service Management dan Mengapa Ia Penting"https://glints.com/id/lowongan/itsm-it-service-management-adalah/, diakses pada 19 Mei 2022.

Nanda, Aditya. 2022. "Ayo Ketahui Perbedaan ITIL vs ITSM". https://fittechinova.com/blog/detail/ayo-ketahui-perbedaan-itil-vs-itsm, diakses pada 20 Mei 2022.

Nofalia, Ike. 2019. "Mengenal Sociolla, E-Commerce Kecantikan Terbaik di Indonesia". https://www.finansialku.com/sociolla/, diakses pada 20 Mei 2022.

Wibowo, Antoni. 2020. "Siklus Manajemen Layanan ITIL". https://mti.binus.ac.id/2020/12/23/siklus-manajemen-layanan-itil/, diakses pada 20 Mei 2022.

Ridho, Iqbal. 2019. "Penggunan ITIL(Information Technology Infrastructure Library)/Standar Internasional Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi pada Perusahaan Shopee". http://iqbalvolka.blogspot.com/2019/03/penggunaan-itilinformation-technology.html, diakses pada 20 Mei 2022.

Pratiwi, Reni Dwi. 2021. "4 Fitur dan Fasilitas yang Ditawarkan Ketika Anda Berbelanja di Sociolla. https://shopping.tribunnews.com/2021/08/16/4-fitur-dan-fasilitas-yang-ditawarkan-ketika-anda-berbelanja-di-sociolla, diakses pada 20 Mei 2022.

Komentar

Postingan Populer